Minggu, 17 Oktober 2010

Pemrograman Java : Fungsi dan Prosedur Pada Pemrograman Java

Seperti halnya bahasa pemograman yang lain java juga memiliki fungsi dan prosedur yang berguna untuk memudahkan dan mengoptimalkan program.

Prosedur

Prosedur adalah kumpulan ekspresi-ekspresi algoritma yang berguna untuk menjalankan proses tertentu. Prosedur sudah banyak dikenal mulai dari bahasa mesin hingga bahasa level tinggi (Query).
Dalam bahasa Java prosedur biasanya diawali dengan kata “void”. Dan kebanyakan aplikasi berjalan melalui prosedur.

Fungsi

Fungsi dan prosedur memiliki kesamaan dalam bentuknya hanya saja fungsi memiliki nilai yang bisa dihasilkan kembali (Dikembalikan). Fungsi dibuat biasanya untuk menyederhanakan sebuah operasi. Ketika dua buah prosedur membutuhkan sebuah operasi yang sama maka operasi tersebut dapat ditulis kedalam fungsi sehingga bisa menghemat waktu penulisan tanpa harus menulis dua kali.
Dalam bahasa Java fungsi biasanya diawali dengan tipe data (int, char, bool). Dan diakhir statementnya terdapat kata “return”. Nilai yang direturn harus nilai yang sama seperti yang dideklarasikan di nama fungsi. perhatikan contoh dari prosedur dan fungsi dibawah ini :

public class FunctionProcedure {
public static void main(String[] args) {
int T, n;


n = Nilai(4, 4); //Fungsi Nilai dipanggil
T = n * 100;

System.out.println(T);
}

public static int Nilai(int a, int b) {
int n;

b = b * 2;
n = a + b;
return n;
}
}

Program diatas menggunakan fungsi nilai yang menghitung nilai a dan b setelah dihitung nilai hasil akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menampilkan hasilnya.

sumber=http://belajar-tentangkomputer.blogspot.com/2010/05/fungsi-dan-prosedur-pada-pemrograman.html


0 komentar:

Posting Komentar

Footer

© ikbal sky | telah lulus sekolah blogger
Juni 2010


Followers